RESENSI BUKU SEJARAH PERADABAN ISLAM DIRASAH ISLAMIYAH II

RESENSI
BUKU SEJARAH PERADABAN ISLAM
DIRASAH ISLAMIYAH II
Disusun guna memenuhi tugas Ulangan Akhir Semester (UAS)
Mata Kuliah : Sejarah Peradaban Islam
Dosen pengampu : M. Rikza Chamami, M. Si




 Disusun oleh:
                Kuwatno          (133511009)



FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2014



Nama Pengarang       : Dr. Badri Yatim, M. A
Judul Buku                : Sejarah Peradaban Islam (Dirasah Islamiyah II)
Tahun Terbit              : 2008
Tempat Terbit            : Jakarta
Tebal Buku                : XIV + 338 Halaman
Penerbit                     : PT. Raja Grafindo Persada
ISBN                        : 979–421–337–3

A.       ISI BUKU
Dalam buku Dirasah Islamiyah II ini, Beliau, Dr. Badri Yatim, M.A menuliskan secara menyeluruh tentang sejarah perdaban Islam yang dimulai dari peradaban Islam paling awal yaitu di Arab sampai penyebaranya ke kawasan Asia hingga ke negara-negara Barat (Eropa). Seperti buku-buku yang membahas sejarah peradaban Islam lainnya, buku ini juga mencakup empat kawasan Islam di dunia yakni kawasan pengaruh kebudayaan Arab (Timur tengah, Afrika Utara dan Spanyol), kawasan pengaruh kebuadayaan Persia (Iran dan Negara-Negara Islam Asia Tengah), kawasan pengaruh kebuadayaan Turki, kawasan pengaruh kebuadayaan India-Islam dan berbagai wilayah Islam lainya termasuk wilayah Nusantara. Sedangkan secara garis besar
bisa dilihat bahwa dalam buku ini membahas dua kajian pokok yakni, Sejarah Dunia Islam yang mencakup perdaban Islam di luar Nusantara yang terdapat pada bab II hingga bab IX dan di tambah lagi pada bab XIV. Sedangkan kajian pokok yang kedua yakni membahas sejarah pedaban Islam di Indonesia pada bab X, XI, XII, dan bab XV.
Itulah isi secara umum dari buku ini yang mana pada hakikatnya keseluruhan dari isinya menjelaskan sejarah peradaban Islam dari awal bagaimana Islam itu terbentuk yaitu dimulai dari Arab pra-Islam yakni ketika Nabi Muhammad SAW belum dilahirkan sampai pada tahap perkembangan Islam setelah masa Nabi Muhammad SAW, hingga pada masa keemasan Islam. Setelah Rasulullah SAW wafat, kemudian penyebaran agama Islam diteruskan pada masa sahabat. Ekspansi Islam semakin luas pada masa kejayaan dinasti-dinasti besar Islam hingga terus sampai pada masa kemunduranya.
Sebagai buku sejarah yang menitik beratkan pada sejarah peradaban Islam, buku ini memberikan penjelasan sejarah perkembangan Islam dari masa kejayaanya hingga masa kemunduranya. Termuat pula di dalamnya berbagai hal komplit mengenai struktur pemerintahan, pengangkatan kepala Negara, pengakatan para gubernur serta berbagai cara dalam melakukan ekspansi kekusaan Islam.
B.       KELEBIHAN BUKU
Adapun kelebihan buku Sejarah Peradaban Islam (Dirasah Islamiyah II) karya Dr. Yatim Badri, M.A ini yaitu:
1.    Dari segi isi materi yang disajikan memberikan banyak  penjelasan mengenai sejarah peradaban Islam dari riwayat hidup Nabi Muhammand SAW, perkembangan Islam dimasa dinasti-dinasti kerajaan besar  bahkan sampai peradaban Islam di Indonesia. Semua terangkum didalam buku kecil yang sederhana ini sehingga patut untuk dibaca tidak hanya oleh para akademisi namun juga bagi siapapun yang ingin mengetahui mengenai sejarah perdaban Islam secara menyeluruh.
2.    Dari segi bahasa yang digunakan bisa dibilang ringkas, dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami oleh para pembaca. Melalui bahasa yang lugas dan terstruktur, memberikan gambaran yang nyata dalam mengembangkan iamajinasi pembaca seolah-olah pembaca dapat menyaksikan kejadian pada masa perkembangan Islam dimasa lalu.
3.    Dari segi referensinya, buku ini juga memberikan banyak catatan kaki dan juga daftar pustaka, tidak hanya dari penulis lokal tetapi juga para penulis luar, seperti para penulis orientalis. Ini memberikan gambaran bahwa buku ini sebenarnya berusaha untuk merangkum informasi dari banyak sumber sehingga apa yang ditulis benar-benar menedekati keobjektifan sejarah secara utuh.    
4.    Di akhir halaman buku ini terdapat glosarium sehingga memudahkan pembaca dalam menemukan maksud dari kata-kata asing yang jarang didengar yang termuat di dalam buku ini sehingga pembaca menjadi lebih mudah dalam memahami apa yang dimaksud oleh penulis.
C.       KEKURANGAN BUKU
Adapun sisi kekurangan buku Sejarah Peradaban Islam (Dirasah Islamiyah II) karya Dr. Yatim Badri, M.A ini yaitu:
1.    Dilihat dari sistematika penulisan sebenarnya masih kurang rapi hal ini terlihat jelas pada pembagian bab, dari bab II hingga bab IX seolah-olah lanjutannya dari bab IX terpotong ke bab XIV. Selain itu model penulisan yang menceritakan masa kejaaanaya terlebih dahulu dari berbagai kerajaan Islam, baru kemudian sejarah kemundurannya. Hal ini sebenarnya akan lebih mudah dipahami lagi oleh para pembaca ketika penyajiannya dimulai dari penjelasan kejayaan satu kerajaan Islam dilanjutkan langsung sampai pada masa kemudurannya sehingga keruntutan sejarah tidak terasa terpotong-potong.
2.    Sekalipun pembahsan materi di dalam buku ini mengupas secara menyeluruh akan tetapi memang masih dirasa seperti hanya penjelasan secara umum, belum menyentuh secara totalitas kerincian sejarah. Oleh karena itu percaturan pemikiran politik dinegara Negara Islam dalam rangka menegakkan ajaran Islam dalam Negara modern memiliki analisis yang belum mendalam. 
D.       KESIMPULAN
Setelah membaca banyak hal yang terangkum di dalam buku yang tergolong sedang ini, telah banyak memberikan gambaran yang cukup luas tentang Sejarah Peradaban Islam dan segala ragam jenisnya yang meskipun dalam penyajiannya masih terbilang umum namun tetap bisa dijadikan pelajaran sejarah yang cukup bermanfaat bagi kita khususnya kamum muslimin. Selebihnya meskipun demikian, sebagai sebuah buku pengantar dalam kajian sejarah perdaban Islam, buku ini  cukup memadai, sekalipun tidak tertutup kemungkinan adanya kekurangan dari segi objektifitas sejarah yang diceritakan. Namun dengan melihat dari sisi referensi yang digunakan oleh penulis kiranya buku ini lebih dekat ke originalitas sejarah.
Selain itu, tentang bagaimana sang penulis berusaha untuk memberikan pendekatan yang relevan dalam memberikan pengarahan pada para pembaca dengan menggunakan bahasa yang lugas, padat dan tepat serta sederhana sehinngga buku ini layak untuk dibaca siapa saja khususnya bagi kalangan umat Islam sendiri.


0 comments

Post a Comment